Image – Adjust

Aug 27, 2009

Saya ingat waktu belajar photoshop, suhu saya selalu mengunakan perintah Levels untuk mengoreksi atau memperbaiki masalah warna pada photo. terutama untuk menyeimbangkan nilai kontras antara terang dan gelap pada photo/gambar. Pada hal setahu saya saat ini,  perintah untuk memperbaiki warna pada gambar/photo bisa mengunakan curves, varitions dll.

Mungkin saat ngajarin suhu saya ngga mau ribet dan pingin cari gampangnya  saja.. hehehe. Dan anehnya sampai saat ini pun saya lebih suka dan sering mengunakan perintah Levels ini untuk memperbaiki antara terang dan gelap pada gambar.

Contoh-nya salah satu gambar yang saya ambil dari kamera digital milik keponakan saya.

 

Gambarnya nampak keliatan terlalu gelap atau buram. dan cocok sekali ketika saya buka Image – Adjustment – Levels

Slider berwarna putih terlalu jauh dari batas akhir histogram-nya.

dan hasil saat saya mengeser slider yang berwarna putih  pada titik akhir histrogram-nya.

gambar 3

Apa yang ingin saya jelaskan disini ialah merupakan salah satu perintah dalam photoshop untuk mengkoreksi warna baik itu masalah terang dan gelap, gambar memudar, menganti warna atau menghadirkan warna yang hilang. kita bisa mengunakan dan memilih pada perintah Image – Adjustment. pada photoshop Cs4 kita bisa juga mendapatkanya pada jendela palet - di samping kanan.

gambar 4

4 comments:

  1. Bukankah ini blognya Jaloee W, bloggger culun yang sedang belajar dan suka dengan visual grafis dan blog desain, tinggal di cimahi - bandung jawa barat. Mempubliskan blog ini kurang lebih sejak 2002 yang lalu.
    Halo Kang,... salam kenal. perkenalkan, nama saya paank Fachrezi, lagi belajar ngeblog. saya suka photoshop juga.
    Kang, saya sempat terpesona dengan hasil olahan photo kawan-kawan saya, hasilnya (menurut saya) luar biasa. ---selengkapnya ada di album be dick di fesbukku kang.
    mohon pencerahannya,.... ^_^

    ReplyDelete
  2. masuk lagi, semoga link-nya nggak salah:
    http://www.facebook.com/album.php?aid=2023806&id=1540162587&l=c48931aae3

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, thanks atas infonya. perkenalkan web social boomarking tentang turotial photoshop. please gabung ya... thanks banyak...

    ReplyDelete
  4. [OOT]

    ow lagunya pearl jam yah.. wkwkwkwk..

    rajin sekarang update kang blognya :D apa karena traffic atau alexa? kekekek

    ehemmm ituh photo jadi terang benderang.. kemana sekarang sering maen kang.. saya udah jarang bisa sosialan kang.. udah bener2 matre..wekekekek

    ngurusin blog yg pada jeblok semua :(

    ReplyDelete