Mendaftarkan Blog di Search Engine Yahoo

Feb 1, 2008

Setelah mendaftarkan New blogger kita di google ( lihat ). sekarang bagaimana cara mendaftarkan blog kita di mesin pencari miliknya Yahoo, yang mengunakan istilah Site Explorer. yaitu  setelah blog kita terdaftar di mesin yahoo, maka kita bisa mengecek jumlah halaman blog kita yang terindeks di Yahoo, dan melihat informasi link dari dan ke blog kita.

Untuk mendaftar di Search Engine Yahoo.

1.Buka Yahoo Site Explorer 

2. Setelah terbuka pada tab menu di atas klik Sign in dan login mengunakan akun yahoo mail yang kita miliki.

gam-01


3. Kemudian masukan alamat blog kita pada kotak kosong di bawah tulisan My Site. selanjutnya klik tombol Add My Site.

gam-02


4. Setelah itu, kita memerlukan untuk Authenticate ( menverifikasi kepemilikan ). klik tab Authenticate.

mendaftarkan blog di yahoo


5. Setelah terbuka halaman baru, gulung layar pada halaman paling bawah pada tulisan To add a META tag to your home page.kita di beri sebaris Meta Tag untuk di masukan ke dalam template blog kita. Copy meta tag tersebut.

mendaftarkan blog di yahoo

 

6. Selanjutnya buka blog kita. pada halaman Template -> buka tab Edit Html, Tambahkan atau simpan  Meta Tag tersebut ke dalam template kita di bawah tag :
<title><data:blog.pageTitle/></title>
( atau di bawah meta verifikasi dari google ) :

mendaftarkan blog di yahoo

kemudian klik Simpan Perubahan

jika blog kita tidak bisa di parse atau  tidak bisa di simpan, tambahkan string - slash  atau " / " pada bagian akhir Meta tag tersebut.

contoh setelah di tambahkan " / " pd bagian akhir.

<META name="y_key" content="ae978c2d2e0ae141"/ >


7. Setelah Meta tag tersebut di simpan ke dalam template, balik lagi ke halaman  yahoo, kemudian klik tombol Ready Authenticate.

mendaftarkan blog di yahoo

Selanjutnya kita di beri pesan bahwa blog kita sedang di proses kepemilikanya. 'Your site is pending authentication'


8. Kemudian klik tulisan Site explorer home. Setelah halamannya terbuka tandai ( check ) kotak kosong di samping tulisan Manage setelah itu tekan tombolnya.

mendaftarkan blog di yahoo


9. Pada halaman ini kita mempunyai dua pilihan untuk menambah atau mengisi Feed-nya dalam kotak kosong yang tersedia. Apakah rss.xml atau atom.xml.

mendaftarkan blog di yahoo

atau

mendaftarkan blog di yahoo

jika telah menentukan pilihannya klik tombol Add Feed.

Yeaahhhh

Sekarang kita telah mendaftarkan blog kita ke dalam mesin pencari Yahoo ( seperti yang telah kita lakukan mendaftarkan blog kita pada mesin pencari google lihat di sini ). untuk melihat hasilnya blog kita di index oleh pencarian yahoo, kita tunggu paling lambat dua hari setelah kita mendaftar.

 

Ikuti terus update informasi New Blogger di blog ini. Silahkan Klik dan masukan emal anda untuk berlanganan Via Email Subscription atau klik Subscribe Via Rss Feed .Makasih juga atas kunjungannya.

 

Technorati tags: ,

57 comments:

  1. terus mas gimana kita tahu blog sudah masuk search engine.sudah 3 hari.gak keluar tuh disearch engine.

    ReplyDelete
  2. blog ente udah ada di search google coba klik di sini

    ReplyDelete
  3. Mas..blog ku baru 2 minngu..aku sudah daftarin ke yahoo dan google..
    di yahoo alhamdulullah masuk page 1
    tapi di google page 4..gimana yah naikin jadi page 1 digoole yah mas..
    di tunggu loh jawabanya..

    ReplyDelete
  4. logikanya .. jika keywords banyak di cari orang.. maka di situlah kita harus antri, jika blog kita menjadi bahan reperence baru pagenya bisa naik..

    ReplyDelete
  5. bos blogku sudah tak daftarin di yahoo ma google. tak tunggu yah 2,3 hari .bisa keluar ga yah. thx

    ReplyDelete
  6. to HutamaNet:
    Satu hal yang mesti di perhatikan juga.. kalau selama tiga hari di google ngga ter- index.. yang harus mas lakukan adalah minta kepada teman yg punya blog dengan pagerank 4, untuk ngelink blog mas.

    ReplyDelete
  7. mas, jalu, apen dah ikuti semua langkah2nya. apen dah sukses daftar di google dan yahoo 3 hari yang lalu. tapi sampai sekarang belum juga keindek baik google ataupun yahoo. gimna mas?
    mas, bisa gak apen minta tolong. tolong dieditkan blog apen biar bisa keindek oleh search engine? klo bisa ntar apen kirim user name dan pasword blog apen ke email nya mas jalu.
    sebelumnya terima kasih.
    ini alamat blog apen : www.apen-noteblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. trus gimana blog saya udah masuk pa lom di search engine google dan yahoo pa lom ni alamat blog saya motogp-fans.blogspot.com, soal waktu aku coba nyari di yahoo dan google kok gak bisa sih??? thanks

    ReplyDelete
  9. kang makasih yach,..lagi aku coba nich, aku gi mau belajar bikin blog,..
    mohon bantuannya ya kang,..

    ReplyDelete
  10. trmakasih sekali, saya banyak mengambil manfaat dari semua artikel ini.

    ReplyDelete
  11. Wah.....bermanfaat sekali...thks ya pak...!aku copy Paste yach......(apa kudu pake trackback juga?)Permisi ya ...Salam kenal..

    ReplyDelete
  12. Kunjungi Blog Saya dan terimakasih ats infonya

    ReplyDelete
  13. Mas blog aku chareznasheer.blogspot.com kok gak masuk-masuk di yahoo ya. gimana nyarinya ? dan ada laporan : Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The element type "META" must be terminated by the matching end-tag "".
    terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  14. cihaaaa, aku da daftar, terus iseng aku coba kok langusng berhasil ya mas. so aku ga perlu nunggu mpe 3 hari dah bisa terdeteksi yahoo. makasih ya..

    ReplyDelete
  15. @ Usagi-chan : weks beruntung tuh.. lansgung terindex

    ReplyDelete
  16. Mas,numpang tanya,kl kita daftar ke search engine goole,yahoo,msn,trus ke free submmiter,kira2 apa jadi double2 ya?tksh.
    http://herbal-info4u.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. @ mike

    saya pikir tidak yach.. karena mereka berbeda sistem yg di pakainya.. itu sih menurut ku

    ReplyDelete
  18. Makasih tas infonya.......
    sangat berguna sekali.....

    ReplyDelete
  19. Om tulisan site explorer home tak ada, bingung nih. tolong donk

    ReplyDelete
  20. @ tigor

    yup emang sekarang tampilan untuk daftar du yahoo tampilannya sudah berganti mas

    ReplyDelete
  21. terima kasih banyak om,biarpun nubie bgadang sampai pagi..akhirnya bisa

    sukses

    ReplyDelete
  22. sulit bgt yach mas... duh, blog saya malah ga bisa detect sama google, sapek dech..

    salam kenal, v3
    http://psychology-journal.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. @ Fitri

    blog na udah di daftarin beloem ke google ?? atau di verifikasi

    ReplyDelete
  24. mantep juga triknya.. tapi ko saya ga bisa ya...?

    ReplyDelete
  25. terima kasih dari Kuala Lumpur :-)

    ReplyDelete
  26. thx ya bos..tinggal nunggu hasilnya neh.

    ReplyDelete
  27. wah..... bagus nih saya coba ah......

    komenkz.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. mas jaloee, terima kasih berat sekali untuk pencerahannya.
    penjelasan dari mas jaloee sangat berguna sekali, khususnya untuk newbie sperti saya.
    sukses bwat mas jaloee.

    ReplyDelete
  29. kok punya saya belum juga terindeks yahoo mas??? padahal umur blog sudah lebih 5 minggu. tanda yang kita lakukan itu sudah benar itu apa mas????

    http://referensiregistrasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. @ refensireg

    wah mendingan bawa nyantai saja gan.. kalau dah terverifikasi nanti juga nonghol

    ReplyDelete
  31. nice info
    thx 4 share
    anyway see my blog too!!!
    thx

    ReplyDelete
  32. Come to say HI!!!!!!!!
    Thx atas infonya
    jalan2 ke blog saya juga ya

    ReplyDelete
  33. tadi gw coba buka websitenya siteexplorer yahoo kok gak berhasil ya?

    ReplyDelete
  34. kok gak sukses sih buka webnya yahoo
    ada cara laen gak?
    thx

    ReplyDelete
  35. saya baru nyoba neh..
    kalau di google sih berhasil..blog saya sudah terindeks google
    mudah mudahan dengan memngikuti langkah diatas blog saya akan terindeks oleh yahoo.
    Tks yach infonya....♫♫♫♫

    ReplyDelete
  36. saya lagi nyoba, tapi pas nomor 8 : nggak ada site explorer home, gimana jadinya

    ReplyDelete
  37. Thanks for your article..............!!!!!!!!!!!!
    saya tunggu kunjungan anda di blog saya....^_^...!!
    dan bila ada kesalahan pada blog saya mohon isi komentar anda..........!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  38. Terima kasih atas informasinya.... Domo Arigatou Gozaimasu

    ReplyDelete
  39. Koq saya ga bisa-bisa ya? Waktu edit htmlnya bingung abiz..., tolong bantu donx

    ReplyDelete
  40. nice post kang..
    ternyata lebih gampang daftar di SE google ya kang?
    sekalian mau tanya nih,cara daftar di dmoz gimana ya.....

    http://acneskinproactivesolution.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. ini dia tips yg lengkap...abiz naruh meta tag ke template selalu error...mksh ya bro :)

    ReplyDelete
  42. Makasih tas infonya.......
    sangat berguna sekali.....

    ReplyDelete
  43. makasih banyak ya..infonya lengkap bgt
    sekarang tinggal nunggu hasilnya..

    ReplyDelete
  44. jozzz & lengkap tutorialnya gan, langsung aplikasi ahhhh...

    ReplyDelete
  45. mantap de bro..ternyata kemarin slah tempatin TAG nya hehehe rupanya dibawah title tohhh.

    ReplyDelete
  46. makasih banyak infonya kang,sangat bermanfaat buat saya,....its nice blog.terus posting ya kang,salam silaturahmi....:-)

    ReplyDelete
  47. Artikel menarik, sangat terbantu saya

    ReplyDelete