Mendaftarkan Blog ke Search Engine Google

Feb 2, 2008

Sebenarnya cara yang relatif mudah untuk menarik pengunjung ke blog kita. ialah banyak-banyaklah berkunjung ke blog lain, isi shoutboxnya dan kalau perlu berkomentar, semakin akrab semakin baik. karena dengan cara demikian sebenarnya kita telah beriklan  tentang keberadaan blog kita sendiri . 

Namun jika blog kita ingin menarik pengunjung dari hasil pencarian - dan ingin terindex  ke dalam  mesin pencari (Search Engine) seperti google dan yahoo.  yang  harus kita lakukan adalah mendaftarkan  blog kita ke dalam mesin pencari tersebut.

Caranya : 
Untuk google. ( dgn istilah " mensubmit " Sistem Sitemap )

1. buka google webmaster tools kemudian daftar mengunakan gmail account yang kita miliki.

2. Setelah login, maka akan terbuka jendela untuk mendaftarkan alamat blog . isi alamat blog - tampa di awali dengan http:// atau www. cukup seperti jaloee.blogspot.com  - pada kotak Add Site, lalu klik tombol OK.

gam_01


3. Selanjutnya Klik pada tulisan link Verify Your Site.

gam_02


4. Pada ComboBox pilih Add a Meta Tag.

gam_03

 

5. Kemudian pilih semua tulisan  <meta name="verify-v1"...dst. klik kanan mouse copy.

gam_04a


6. Selanjutnya buka blog kita. pada halaman Template -> buka tab Edit Html.  masukan dan simpan meta name verifikasi yang tadi kita copy setelah tag :
<title><data:blog.pageTitle/></title> .

gam_14


dan bisa juga tambahkan di bawahnya code ini.

<meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"/>

gam_15a


setelah beres klik tombol Simpan Template. 


7. Kembali ke halaman google webmaster tool. kemudian klik tombol Verify, untuk mengkorfirmasi pendaftaran. jika proses berhasil akan menampilkan layar you have sucessfully verified.

 

gam_06

gam_07

Sampai saat ini kita telah berhasil mensubmit sitemap blog kita untuk di craw oleh google. untuk selanjutnya masih dalam  google webmaster tool klik link tulisan Dashboard setelah terbuka halaman Dashboard, klik tulisan Add di samping kanan ( atau di bawah kolom Sitemap )

gam_08


Setelah terbuka halaman Add Sitemap.dalam kotak Combobox pilih  Add general web sitemap.

gam_09


kemudian isi kotak kosong di samping kanan alamat blog  dengan dua pilihan apakan type  rss.xml atau atom.xml

gam_10

atau

gam_11

Setelah itu klik tombol Add General Web Sitemap

Bonus.

Untuk bonus buka http://www.google.com/addurl/ kemudian masukan alamat blog kita.pada kolom comment isi dengan meta tag atau komentar blog kita misalkan New blogger, Jakarta, dll.

Atau buka juga blogsearch.google.com. pada kotak input isi dengan alamat blog kita. kemudian tekan tombol Sumbit Blog.

Yeaaah..

Sekarang blog kita sudah terdaftar dan di index ke dalam search engine google. kita bisa mencek 2 atau 4 hari   detail statistik blog kita. begitu juga untuk melihat hasilnya di search engine google. untuk menceknya masukan saja alamat blog kita ke dalam kotak pencarian atau kata kunci yang berhubungan dengan blog kita.

Ikuti terus update informasi New Blogger di blog ini. Silahkan Klik dan masukan emal anda untuk berlanganan Via Email Subscription atau klik Subscribe Via Rss Feed .Makasih juga atas kunjungannya.

Technorati tags: ,

100 comments:

  1. ferybos, mohon pencerahan, saya new comer dlm dunia blogger, blog saya: galungjo.blogspot.com, sudah saya daftarkan ke search engine google dan search engine yahoo, sesuai petunjuk yg disarankan. verifikasi sudah sesuai tp kenapa blog saya tak muncul dalam google dan yahoo search? di google yang muncul hanya nama blog tapi pencarian melalui kata kunci tak muncul? mohon pencerahan. thanks

    ReplyDelete
  2. to mas fery :
    pertama : kode-nya ada yang tidak di tutup dengan benar yakni kurang tanda ini <

    meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"/>

    seharusnya

    <meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"/>

    kedua : untuk terindek di google membutuhkan 2 atau 4 hari setelah verifikasi.

    ketiga : untuk pencarian melalui kata kunci saya akan tulis artikelnya mungkin besok mas.. maaf kemarin2 kebetulan sy ada keperluan..

    ReplyDelete
  3. Thanks, Mas Jaloee... Aku tunggu artikelnya mengenai kata kunci...

    ReplyDelete
  4. kang jaloee nu terhormat..
    untuk pilihan rss atau atom..pilih nu mana yeuh???
    di dagoan jawabanna..

    hatur nuhun ..

    ReplyDelete
  5. ari sy mah pilih atom.. btw terserah ente lah.. soal na ieu hubugan nana sama Feed.. jadi cobaan we manu nu leuwih alus buat feed count

    ReplyDelete
  6. Mas..saya sudah ikutin step2 nya..sukses..makasih yah

    ReplyDelete
  7. thanx a lot kang Jaloee. Nice tips :)

    ReplyDelete
  8. weaoww.. instruksinya gue lalap abizz dah mass.. thanks berat lho.. karena sebelumnya blog gue masih kurang complet cara daftarnya ke mesin pencari.. thanks thanks dan thanks...
    selamat berkreasi

    ReplyDelete
  9. thanks ya mas, jadi bisa tau carane. good, kasih terus ya kalo punya ilmu baru. thanks

    ReplyDelete
  10. makasih ilmu barunya. saya bloger baru nich masih perlu banyak latihan biar bisa seperti masnya. blog saya http://ernast.blogspot.com
    thanks ya.....

    ReplyDelete
  11. yup makasih juga untuk semuanya yg telah mampir.. moga sukses dengan kegiatan ngeblog na :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Waktu pertama kali bikin, blog sy udah muncul di google. Trus tutup sharingnya sementara karena gak ada isinya. Setelah aku aktifkan kembali kok malah gak muncul, padahal sudah sy tambahkan meta data seperti diatas baik di google maupun di yahoo. Sudah hampir satu bulan ini gak nampak juga di google. Maunya lewat Http:/www. baru bisa nongol. Knapa ya?

    ReplyDelete
  14. yup mas adang.. menurut yg saya tahu.. kalaupun kita ngga ada isinya.. jgn pake kata2 " under construction".. jadi pd saat itu google ngga mau ngedatangi blog kita lagi.. ini jg menurut yg sy ketahui..
    coba daftarkan saja ke technorati mudah2an bisa nendang mas.. atau suruh teman yg punya pagerank 5 ke atas untuk ngelink blog na..

    ReplyDelete
  15. gitu ya, wah ketiwasan. Sy akan coba ke technorati. Sekalian anda tulis Mas Jaloe langkah2 ke technorati mungkin ada teman yg butuh juga. ato second opinion ya, bikin blog baru aja.

    ReplyDelete
  16. to : mas adang

    tentang technorati bisa baca di sini

    ReplyDelete
  17. sudah saya coba masukan ke technorati, semoga blog saya bisa muncul di google.
    makasih atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  18. to : andang
    makasih jg atas kunjugannya mas.. dan blog anda udah sy add link.. mudah2an bisa membantu..

    ReplyDelete
  19. thanks..tu sarannya...
    ya lum sich hasilnya...hehe
    baru belajr ngeblog nich...

    ReplyDelete
  20. to Anie
    makasih jg atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  21. thanks...for suggestion!!
    this my first blog

    ReplyDelete
  22. mas saya dah ngikutin semua saran mas tentang cara daftarin blog ke search engine tpi koq dah 5 hari belum terindeks juga,knapa yah?mohon jawabannya!thanks......

    ReplyDelete
  23. oh gitu yach..saran saya seh saudara mesti melakukan barter link/pertukaran link juga... nanti deh saya akan jelas lagi ttg ini :)

    ReplyDelete
  24. hmmm
    lam kenal yah bosss
    makasih infonya
    kita tunggu 4-5 hari kemudian

    ^-^

    anaksingkong-j0j0b4.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. bagus banget tutorial dari abang.
    kalau bisa, tulis lagi tutorial yang lainnya (khusus buat pemula).
    makasih banget...

    ReplyDelete
  26. Bagus banget tutorialnya. Mudah dicerna :)
    Two thumbs up!

    ReplyDelete
  27. mas jaloe...makasih ya tutorialnya.. :)

    aku copy paste threadnya di blog ku boleh gak?

    ReplyDelete
  28. Kang Jaloe,hatur nuhun dari saya untuk artikelnya & sekalian salam kenal.....

    Ini Blog ku : shareallexperience.blogspot.com

    Ditunggu kunjungannya sekalian dikoreksi blog saya, maklum masih belajar... he3x

    ReplyDelete
  29. Mmmm... thanks bro, saya merasa sangat membantu skali dlm membuat blog. U r d'bes ;)

    ReplyDelete
  30. saya merasa sangat terbantu skali maksudnya :D

    ReplyDelete
  31. sorry pak bos, saya terhenti di step 6. saya belum menemukan template dan edit html, tolong lebih di perjelas letaknya. terimakasih. its my first blog

    ReplyDelete
  32. to triping : itu yg ada di edit layout blog kita.. tab TATA LETAK (eg Edit Layout ) -> EDIT HTML

    ReplyDelete
  33. Halo Kang Jaloe, Kang aku punya artikel baru tentang cara masang MP3 Player di Blog, bilih bade ngaos.....
    Sakantenan diantos Koment-na...

    Hatur Nuhun

    ReplyDelete
  34. thx ya atas sarannya

    ReplyDelete
  35. MAKASIH YA ATAS CARA DAN INFONYA SMOGA ILMU MAS TAMBAH GEDE LAGI

    RUSMAN
    PEMANGKATKOTABERKAT.BLOGSPOT.COM
    PEMANGKAT-KAB.SAMBAS-KALIMANTAN BARAT

    ReplyDelete
  36. makacih untuk semuanya salam kenal

    ReplyDelete
  37. kang saya baru ikutan blog nich,..makasih yagh ilmunya,..mohon bantuannya ya kang,..

    ReplyDelete
  38. apik artikele mas. maturnuwun

    ReplyDelete
  39. meta name="robots" content="INDEX, FOLLOW"

    script yang ini fungsinya buat apa mas mohon petunjuk maklum newbie...hehehee

    ReplyDelete
  40. intinya index follow = agar googlebot menindeksi sseluruh isi blog..

    ReplyDelete
  41. Terima kasih atas artikelnya. Lain kali aku kesini lagi.
    http://kumaismycat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  42. Upss... malu2in tuh http://kumaismycat.blogspot.com/, padahal itu aku. ma'lum masih pemula bos (he2)
    Tolong dong mas JALOE hapus aja dientri comment ini. Makasih sbelumnya ech skalian sama commentku skrg ini juga.
    sorry ya jadi ngerepotin mas JALOE
    Makasih banyak atas semuanya
    I am come back againnn

    ReplyDelete
  43. @ waoow

    wah ngga apa2 mas.. terbuka kq blog ini..

    ReplyDelete
  44. Makasih mas jalu aku ikutan nyontek

    ReplyDelete
  45. mas Jaloe mohon petunjuknya nech. aq dah ikutin langkah2nya sama yang kayak disini. tapi di google webmasternya kok ga mao di "verifi" yach. trus tak liat statusnya masih pending?
    arigato gozoismata

    ReplyDelete
  46. halo mas jaloe, saya pendatang baru dalam dunia per-blogger-an, saya mau nanya cara menggunakan seo gmana ya, tolong pencerahannya..:)

    ReplyDelete
  47. alhamdulillah blog saya sudah terindex di search engine ne,,,tp saya mw tanya cara menyusun keyword/tags blog supaya lbh t4 lg dalam searching..!!!
    skalian,,SEO tu apaan ya mas????

    ReplyDelete
  48. Makasih untuk infonya...dan udah dicoba neh ntuk daftarin ke search engine..
    Ntar liat hasilnya..

    rgds,
    rpurba

    ReplyDelete
  49. ngak ada next stepnya tu bro????

    ReplyDelete
  50. lam kenal bos makasih ya tipz nya..............

    ReplyDelete
  51. Mas petunjuk mas jalu, saya sdh memverifykasi tag meta dan berhasil, besoknya saya ganti template blog saya tag metanya hilang, gimana ini mas. Saya mau masukan tag meta ulang lagi lewat dasbor webmaster tool nya google nggak bisa lagi, katanya URL saya sdh terdaftar. tolong ya mas carikan jalan keluarnya, makasih....

    ReplyDelete
  52. @ ozan

    oh iyalah kalau sudah tedaftar tidak perlu daftar ulang.. kecuali mungkin menyalin kode verify yang terhapus..

    caranya gampang mas masuk lagi ke webmastertool .
    dari dasboar buka alamat blog kita kemudian pilih tab TOOL -> Manage site verification nah di bawah-nya ada kode verifikasi salin lagi saja.

    ReplyDelete
  53. Mas Jalu sorry ngerepotin lagi, Saya udah salin tag meta saya, trus saya tes di search engine nya google, eh.. emang ada sih mas tapi setelah saya klik yang muncul malah dasbord akun blogger saya. kenapa ya mas.....?
    Makasih banyak moga bantuan mas ini di balas sama Allah SWT.. Amin.

    ReplyDelete
  54. @ Ozan

    Blog-nya ada dua yang url mana yach ??
    kalau yang rasta sy cek emang beloem ada tuh
    tapi blog yg satunya lagi sudah bagus tuh di search engine..

    ReplyDelete
  55. @ ozan

    tapi intinya harus sabar juga mas.. dan banyak update..

    ReplyDelete
  56. Makasih mas jalu atas pelajarannya, sukses buat mas JALU..

    ReplyDelete
  57. Ilmunya saya amalkan ya, tks

    ReplyDelete
  58. Permisi Mas Jalu... Numpang nanya...
    Setiap saya ngirim peta situs selalu galat mas, mohon petunjuknya, makasih.

    ReplyDelete
  59. @ ozan

    maksud na peta situs gmna mas ??

    ReplyDelete
  60. Sitemap pada google webmaster tools, khususnya untuk rss.xml, selalu galat, mohon petunjuk mas..

    ReplyDelete
  61. gagal apa error mas ?

    kalau erro coba lihat saja di sini

    http://catalog-tutorial.blogspot.com/2008/07/memperbaiki-sitemap-error.html

    ReplyDelete
  62. thks ya bro

    buat yg mau lihat keunikan dunia
    mampir ke blog ku dong n jgn lpa tgglkan komentar

    http://anekadunia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  63. Makasih mas jalu atas pelajarannya.

    ReplyDelete
  64. makasih ya mas petunjuknya... oh ya mas dipetunjuk bagian akhir yang klik Add general web sitemap itu ga cocok yang ada submit sitemap. apa sekarang sudah berubahnya tombolnya..meski begitu saya dah berhasih ndaftar. makasih banyak mas...

    ReplyDelete
  65. @ cooksau

    mungkin jg mas.. soalnya sy dah lama ngga submit blog lagi.. tidak tahu perkembaganya

    ReplyDelete
  66. mas saya bingung saya sudah beres verify kemudian ke ketika berlanjut sampai add_sitemap tidak ada combo box pilihan bagaimna ya ?

    ReplyDelete
  67. @ zarock

    ngga apa2 boss lanjut saja.. mungkin webmaster lagi menganti tampilanya

    ReplyDelete
  68. WAWWWWWWWWWWW BLOGNYA MAS JALOEEEEEEEEEEEEEE BAGUS BANGET, GUE PUASSSSSSSSSSHHHHHHHHH BANGET! MAIN UNG KE BLOG AKU MAS http://technology-serbada.blogspot.com

    ReplyDelete
  69. makasih atas bantuannya, namun aku masih ragu dengan cara yang sudah aku lakukan tadi soalnya sesudah membuka add stemap tadi tidak ada add general web. bagaimana itu mohon bantuannya, agar blog saya bisa terdaftar dan bisa dinikati oleh kalayak ramai, hehe............
    makasih sebelumnya ya atas bantuanya

    ReplyDelete
  70. @ Wahidcenter

    ngga apa2 mas.. tampilan sekarang emang lain... tapi yg penting jika blog mas blosgpot.. tinggal nambah dan memilih sitemap-nya , atom.xml atau rss.xml..

    ReplyDelete
  71. wah bermanfaat sekali..ok boss, saya akan segera daftarkan blog saya

    ReplyDelete
  72. artikel yang bagus, patut dicoba

    lam kenal aja
    http://smuhut.blogspot.com/

    ReplyDelete
  73. Terima kasih mas infonya

    langsung diterapkan di http://cisa-exam-prep.co.cc

    ReplyDelete
  74. your site is very nice...
    Comment by : andika's blog

    ReplyDelete
  75. tahu cara verifikasi alexa di blogspot gak? thank's before..andika's blog

    ReplyDelete
  76. Wah sangat bermanfaat nih. Akan saya praktekkan deh...Jika hendak merenovasi rumah jangan lupa kunjungi ke web kami: www.birobangunan.com

    ReplyDelete
  77. Kebetulan nih, aku lagi nyari artikel submit sitemap, ternyata mudah banget klo tahu caranya

    Sekarang blogku dah diverifikasi. Thanks yah mas atas infonya

    Oh yah, ku juga mau tahu caranya verifikasi blogspot di alexarank, gimana tuh mas?

    ReplyDelete
  78. Plok..plok..plok... wah hebat sekali artikelnya mas jaloe. Sudah banyak membantu para newbie seperti saya. bseok-besok mampir lagi boleh ya mas. biar ngeblognya bisa lebih manteb lagi. TRIMA KASIH.... MATUR SUWUN

    ReplyDelete
  79. koq muncul tulisan ini mas...
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The element type "meta" must be terminated by the matching end-tag "".
    mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  80. @agus chandra

    iye mungkin icodenya tidak tertutup. pastikan setelah copy paste tambahkan garis slash [ / ] di akhir code...

    ReplyDelete
  81. mas jaloee, please help me...sya dah dpt meta tag dr google webmater tp waktu sya copy diblog sya sesuai dengan arahan dasri mas jaloee, koq eror ya mas...dimana slahnya ya mas...
    mohon maklum, sya msh newbie bgt mas..
    mohon penjelasan dan pencerahan lebih lanjut mas, terima kasih.

    ReplyDelete
  82. makasih mas... dah sukses daftar...

    ReplyDelete
  83. makasi mas atas infonya, sangat berguna banget bagi saya yang pemula dalam dunia blogging

    ReplyDelete
  84. mantab bro...thx yah dah kasih tw

    ReplyDelete
  85. Thanks y mas atas infonya... infonya bermanfaat banget buat blogger pemula sperti sya ini... tlong berkunjung diblog saya ya mas. dan tlomh kasih saran untuk memperbaiki blog saya. alamat blog saya Adibloggers.blogspot.com. Thanks again...

    ReplyDelete
  86. wah tanks berat sob infonya...langsung ah ke tkp

    ReplyDelete
  87. Postingan yang komplit-plit pake telorrr
    makasih sekali atas infonya man

    ReplyDelete
  88. bos, bisa di translite dalam bahasa indonesia? soalnya blog ku pakai bahasa indonesia, jadi kalalu keywordnya pakai inggris jadi bngung,trims

    ReplyDelete
  89. hi... new bie neh, mau tanya donk...
    setelah melakukan langkah ke 7 :
    di halaman google web master, klik verify, kok yang keluar seperti ini :
    "You're currently a verified owner of http://www.bumi-karimunjawa.blogspot.com/. Verified using these methods:"

    trus ga ada keterangan 'Add sitemap'
    please help...
    tenkyu...

    ReplyDelete
  90. @ Lucy

    setting di webmaster nya sudah berubah..

    untuk mendapatkan kode verifikasi klik tulisan Add or remove owners.

    pada halaman Verification details, jika yang terpilih HTML file ganti caranya buka link Verify using a different method.

    kemudian pilih Add a meta tag to your site's home page nah copy saja kode verifikasi seperti langkah di atas.

    untuk sitemap klik saja link blog kamu di webmastertool tersebut. pilih site configuration kemudian pilih sitemap

    ReplyDelete
  91. mas Jaloe....
    terima kasih buat bantuannya ;-)

    ReplyDelete
  92. thanks info nya...

    www.bajugaul.co.cc

    ReplyDelete