Beginilah Cara Kerja Algoritma Youtube

Jan 25, 2023

Algoritma YouTube berfungsi untuk menentukan video mana yang akan ditampilkan kepada pengguna di halaman hasil pencarian, halaman beranda, dan daftar putar. Ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi dari faktor-faktor seperti relevansi, populeritas, interaksi pengguna, dan kualitas konten.

Pertama, algoritma YouTube menentukan relevansi dari sebuah video dengan mengevaluasi judul, deskripsi, dan kata kunci yang digunakan dalam video tersebut. Video yang lebih relevan dengan pencarian yang dilakukan pengguna akan lebih cenderung muncul di halaman hasil pencarian.

Kedua, algoritma YouTube mengevaluasi populeritas dari sebuah video dengan mengukur jumlah ditonton, jumlah suka, jumlah komentar, dan jumlah bagikan. Video yang lebih populer akan lebih cenderung muncul di halaman hasil pencarian dan halaman beranda.

Ketiga, algoritma YouTube mengevaluasi interaksi pengguna dengan sebuah video. Hal ini termasuk mengukur jumlah kali video ditonton, jumlah kali video disukai, jumlah kali video dikomentari, dan jumlah kali video dibagikan. Video yang lebih sering dilihat, disukai, dan dibagikan akan lebih cenderung muncul di halaman hasil pencarian dan halaman beranda.

Keempat, algoritma YouTube mengevaluasi kualitas konten dari sebuah video. Hal ini termasuk mengevaluasi faktor-faktor seperti durasi video, resolusi video, kualitas audio, dan kualitas konten secara umum. Video yang memiliki kualitas konten yang lebih tinggi akan lebih cenderung muncul di halaman hasil pencarian dan halaman beranda.

Kelima, setelah mengevaluasi semua faktor-faktor ini, algoritma YouTube menentukan peringkat video dan menampilkan video yang paling sesuai dengan pencarian pengguna dan preferensi pengguna.





 

No comments:

Post a Comment