Sidebar Layout

Nov 6, 2007

Di setiap pembuat dan penyedia free template untuk para blogger mania, sebenarnya banyak hal trik-trik yang bisa kita pelajari.

misalkan saja template yang di keluarkan oleh bloggerBuster, dari sekian Add-ons yang terpasang dalam free template-nya, yang paling menarik bagi saya ialah adanya kode Css untuk merapikan Halaman Elemen, yang terkadang berantakan akibat penambahan kolom atau pemindahan kolom. 

Begitu juga dengan free template yang di keluarkan oleh blogandweb. ke khasan paling menonjol yang sering saya lihat dalam free templatenya adalah menyimpan selector ID #Outer-wrapper selalu di atas  Body. apa maksudnya yach ? ... heuheueheu

Selain itu, ada satu lagi ke khasan dari blogandweb yang bisa kita jumpai, yaitu selalu meng-grouping atau mengelompokan  selector ID   ( properti dan value yang sama ) untuk Halaman Elemenya, namun di samping itu kita pun bisa melihat contoh declarasi yang berbeda di setiap selector ID tiap elemennya.

Contoh, jika kita mendonlot salah satu template dari blogandweb kita akan menemukan pengelompokan seperti ini.

#NewsBar1, #NewsBar2, #VideoBar1, #VideoBar2, #AdSense1, #AdSense2, #AdSense3, #Profile1, #Feed1, #Feed2, #NewsBar1, #NewsBar2, #HTML1 , #HTML2, #HTML3, #HTML4, #Text1, #Text2, #LinkList1, #LinkList2, #TextList1, #TextList2, #BlogArchive1, #Label1, #Label2
{
margin: 0;
padding: 0;
}

Atau seperti ini.

#sidebar #TextList1 li, #sidebar #TextList2 li, #sidebar #NewsBar1 li, #sidebar #LinkList1 li, #sidebar #LinkList2 li, #sidebar #Feed1 li, #sidebar #Feed2 li
{
background: url(alamat gbr) no-repeat left 6px !important;
padding-left: 25px !important;
}

Untuk apa mengelompokan-nya seperti di atas ?

bagi saya pertanyaan itu sudah tidak penting lagi. karena bahasa yang saya pahami cuma dua Bahasa sunda dan Bahasa Indonesia, selebihnya apakah itu bahasa inggris atau bahasa Css aku ngga ngerti sama sekali.

Namun jika pertanya-anya kemungkinan apa saja yang bisa saya lakukan dengan template saya? mungkin untuk otak ku yang tertinggal ini bisa muter-muter sedikit, dan jawabanya pun bisa aneh dan ngawur. di antara jawabanya seperti ini :

2. mungkin bisa membuat judul setiap elemen berbeda warna font, warna background atau penambahan icon yang berbeda.

3. mungkin bisa membuat setiap conten atau isinya berbeda latar belakang warnanya, bukan dari dalam elemen atau tag Htmlnya tapi cukup membuat dalam kode Css.

4. mungkin bisa membuat blogroll yang berjalan ke atas atau kebawah (marque), sekali lagi bukan dengan menambahkan kode ke dalam elemen Html/javascript, tetapi tetap mengunakan elemen linklist sebagai elemen baku untuk blogroll namun kendalinya ada pada pendenifisian pada kode Css.

5. Dan kemungkinan lainnya, bisa habis rokok dua bungkus.

Technorati tags: ,

1 comment:

  1. Hahahaha.. bisa wae si akang... gelo lah maneh..... :D
    salam kenal ah akang.. ti veebi..

    ReplyDelete