Page Speed 89 Yslow 81

Oct 31, 2010

Akhirnya saya modifikasi kembali perwajahan blog be’loon online template ini . Namun basis alasannya bukan karena bosan dengan tampilan versi sexy pro kemarin, tapi renovasi hari ini saya lebih menitik beratkan kepada peforma blog atau kata para suhu webmaster di sebut site peformance, dan pada sudut yang lebih spesifik lagi peforma untuk kecepatan buka, loding blog, page speed , tidak slow atau apalah.

Tentu saja karena speed loding ikut di sertakan dalam perbaikan ini, otomatis beban pengecekan dan pengerjaan menjadi bertambah. Selain pengecekan untuk melihat tampilan di Ie dengan aplikasi IeTester, juga pengecekan loding blog untuk peformance-nya,  saya memangfaatkan pengaya firefox yaitu page speed dari Om google dan Yslow dari Tante nyahoo.

Page Speed Atau Yslow

Kalau untuk memilih atau menilai mana yang lebih baik page speed atau yslow, sampai saat ini otak dan referensi saya belum sampai ke sana. kemarin saat pengerjaan renovasi beloon OT ini pun saya mengunakan keduanya. Memang score yang saya terima sangat berbeda-beda. Kadang score dari page speed lebih bagus dari yslow dan kadang saya mendapatkan sebaliknya.

Selain itu karena saya secara real time mengecek score ke duanya, saya mendapati pembelajaran dalam beberapa hal. terutama sekali apa yang saya tulis pada “ kompres gambar dengan smust it “,  ternyata  gambar memang lebih mempengaruhi untuk anjlok-nya peformance dari pada javascript. 4kb file gambar saat saya pasang dan cek,  langsung mempengaruhi penurun kurang lebih 2 ( dua ) score.  walaupun setelah saya kompres dengan smust it tool.

Idealisnya pada perbaikan kali ini saya berkeinginan mendapatkan license Grade A dari Yslow, namun pada ruang relialitas sepertinya tidak mungkin karena libido saya untuk selalu memasang gambar sangat bernafsu.

Nb : Page speed : 89/100 dengan beberapa catatan dan peringatan. Yslow : Grade B score 81. Total Size : 191231 byte, loding sekitar lebih dari 20 detik pada modem 56Kbps - atau 41,91. Jadi idealnya Mengunakan modem ADSL/ISDN 128K.   

Video tutorial singkat tentang optimasi page speed

Improving website performance with Page Speed

1 comment:

  1. kalo tools buat naekin PR ada ga bang :S
    bagi triknya dunk

    ReplyDelete