Content Aware Scaling

May 30, 2010

Walaupun sudah satu tahun menggunakan photoshop cs4, namun terus terang saya memahami fungsi Content Aware Scaling baru tiga hari yang lalu- hehe emang oot software selalu versi ter- up to date tapi pemahaman masih yang clasic.

Yoi coy – Content Aware Scaling ini sudah di perkenalkan pada photoshop Cs4. Perintah ini hampir mirip dengan Transform ( memperbesar atau memperkecil gambar ), namun kelebihan mengunakan Content Aware Scaling dalam batas-batas tertentu dapat mengenal atau memahami area penting seperti orang, bangunan, objek tidak ikut ter-distorsi ketika memadatkan ukuran gambar, dan tampa perlu kita membuang-buang waktu untuk cropping atau me- retouching lagi.
Selain itu jika diperlukan kita dapat memproteksi objek yang tidak ingin ter- distorsi tersebut dengan menggunakan Alpa Chanel atau Selection Tool.

Contoh Perbedaan Yang Terlihat

Menggunakan Transform



Menggunakan Content Aware Scaling



Objek atau orang narsis gambar pertama ter-distorsi ( ikut mengecil ). beda dengan gambar orang narsis yang kedua.
Untuk lebih jauh you dapat saksikan tutorial video tentang content aware scaling ( kontent sadar skala ) berikut.

5 comments:

  1. halo, jumpa lagi dengan paank Fachrezi.

    saya sudah coba CS5-nya, dan langsung mencicipi menu Content Aware (versi Shift+F5).
    saya belom bisa memaksimalkan fungsi ini, kemaren tek coba meng-content aware-kan objek teratur (gambar keyboard kompi) hasilnya tak seperti dugaan saya...

    lha ketika saya coba di image tak beratur seperti panorama dll, itu luar biasa memang.
    lha, untuk content aware scaling....

    he he he tempatnya sih dimana kang?

    ReplyDelete
  2. @ mr paank

    he3 .. luar biasa bukan berarti sempurna.. ( cuman ada satu yg sempurna merek rokok.. :)) )..


    atau mungkin permasalahan-nya ada pd gambarnya.. seperti pencahayaan, kontras dll..

    tapi sy pikir ajib jg sih walaupun kadang kita perlu me- retouching sedikit untuk hasil yg memuaskan

    ReplyDelete
  3. content aware scaling adanya di menu edit

    ReplyDelete
  4. wah, pemahaman yang mantap, saya juga baru tau,,,
    :)
    makasih...
    tapi untuk saat ini saya masih memakai PS cs3...
    blog saya juga berisi ttg photoshop
    kunjungi ya :)
    http://jakazulham.blogspot.com
    hehe

    ReplyDelete
  5. @ jaka

    wow sotoshop.. langsung ke tkp

    ReplyDelete